Wednesday, September 19, 2007

Ceramah hari ke-1 Ramadhan

Ramadhan
oleh : Ust. Mukhlason Jalaludin



Bulan Ramdhan adalah bulan yang penuh dengan rahmat. Allah menjanjikan orang-orang yang telah melaksanakan puasa dengan sepenuh hati dan selalu melakukan kebajikan, maka dosa-dosanya akan diampuni oleh Allah swt. Tempat yang paling mulia di sisi Allah swt ialah tempat orang-orang yang bertakwa kepadaNya.

Puasa ialah ibadah yang berbeda dengan ibadah-ibadah lainnya. Karena seorang yang sedang berpuasa harus menahan lapar, haus, amarah serta nafsu dari terbitnya fajar sampai terbenamnya matahari.

Rasulullah pernah berkata, shalat sunnat di rumah lebih baik dari pada shalat sunnat di masjid. Namun keduanya sama-sama mendapat pahala. Shalat sunnat di rumah bisa membawaa berkah dan pahalanya berlipat ganda.

Pada bulan Ramadhan dianjurkan kepada umat Islam untuk memperbanyak beribadah. Perbanyak membaca Al-Quran, berdzikir, bersalawat, bersedekah, dan lain sebagainya.

Membaca Al-Quran pada bulan Ramdhan sangat besar pahalanya. Satu huruf yang kita baca sudah mendapat 7x pahala. Bagai mana jika kita membaca beribu-ribu huruf? [Alhamdulillah banget]

Memperbanyak sedekah bisa melatih kita menjadi orang yang tidak mampu.
Selain itu juga untuk membagi harta kita pada orang-orang yang tidak mampu dan sekitarnya. ;)

No comments: